Isu Mutakhir Ilmu Gizi




Isu Mutakhir Ilmu Gizi

Ilmu gizi dan kesehatan berkembang pesat dalam beberapa dekade dan perkembangan ini membantu kita untuk memiliki koneksi yang lebih baik dengan makanan. Salah satu dari perkembangan ini mengarahkan beragam isu terbaru dan mutakhir di bidang gizi yang mampu membawa nilai lebih terhadap kesehatan. Pada kelas "Isu Mutakhir Ilmu Gizi" di Udemy kita akan membahas 4 topik yang menarik seputar gizi. Berikut ini adalah empat pokok bahasan pada Kelas ini.

  1. Puasa Ramadhan dan manfaatnya bagi metabolisme tubuh.

    Ramadan adalah momentum bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa yang dilakukan selama 13-14 jam (di Indonesia). Kondisi ini memang sering dikaitkan dengan penurunan berat badan yang signifikan di akhir puasa. Menariknya, biasanya orang mudah kembali mengalami peningkatan berat badan paska puasa Ramadan selesai. Pada bagian ini akan dibahas beragam perubahan metabolik yang terjadi selama puasa Ramadan, seperti perubahan metabolisme energi, imunologi, jaringan adiposa hingga mikrobiota usus.

  2. Diet rendah karbohidrat untuk membantu mengatasi Polycystic ovary syndrome.

    PCOS adalah salah satu masalah kesehatan yang dijumpai pada wanita usia subur. Kondisi ini memiliki dampak terhadap kesuburan wanita tersebut. Beberapa penelitian menunjukan bahwa perubahan metabolisme akibat gaya hidup yang buruk dapat meningkatkan risiko PCOS. Lalu solusinya bagaimana ? Beberapa studi dilakukan untuk mengembangkan alternatif diet bagi yang mengalami PCOS. Salah satunya adalah diet rendah kalori. Pada bagian ini dibahas koneksi antara glukosa dan PCOS, serta bagaimana diet rendah karbohidrat dapat menavigasi masalah PCOS.

  3. Bahaya microplastic pada makanan dan minuman kita bagi kesehatan.

    Indonesia katanya darurat sampah. Salah satu dampak buruk dari sampah, terutama sampah plastik, adalah adanya microplastic. Microplastic ini merupakan hasil degradasi dari produk plastik yang dapat masuk ke dalam makanan dan minuman kita, lalu dikonsumsi oleh manusia. Beberapa penelitian berhasil menemukan bahwa pada darah dan feses manusia terdapat microplastic. Bahkan, microplastic ini dapat dialirkan oleh ibu ke janin yang ada dalam kandungannya. Pada bagian ini akan dibahas mengenai sumber microplastic pada makanan dan minuman serta dampaknya terhadap kesehatan. Akan juga ada hipotesis bagaimana microplastic dapat meningkatkan risiko obesitas.

  4. Molekul Advanced glycated end products yang dibentuk dalam pengolahan makanan dan dampaknya bagi kesehatan.

    AGE adalah molekul yang terbentuk selama proses pengolahan makanan. Riset menunjukan bahwa molekul ini dapat diserap di usus manusia lalu terakumulasi. Di dalam tubuh molekul AGE dapat menyebabkan kerusakan pada sel karena dapat menginduksi peradangan dan oksidasi. Pada bagian ini akan dibahas bagaimana pembentukan AGE dan sumbernya di dalam makanan. Selain itu, ada penjelasan mekanisme kerusakan yang ditimbulkan oleh molekul AGE. Kelas ditutup dengan penjelasan mengenai diet rendah AGE, dan bahan makanan apa saja yang dapat mengurangi dampak buruk AGE bagi kesehatan.

Update pengetahuanmu mengenai gizi, pangan dan kesehatan dengan topik terbaru dan relevan dalam kehidupan sehari-hari.

Url: View Details

What you will learn
  • Peserta dapat mengetahui efek metabolik Puasa Ramadan
  • Peserta dapat mengetahui efek diet rendah karbohidrat terhadap Polycystic Ovary Syndrome
  • Peserta dapat mengetahui efek microplastik bagi tubuh manusia

Rating: 4.75

Level: Intermediate Level

Duration: 6 hours

Instructor: Harry Freitag LM, RD, PhD


Courses By:   0-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z 

About US

The display of third-party trademarks and trade names on this site does not necessarily indicate any affiliation or endorsement of course-link.com.


© 2021 course-link.com. All rights reserved.
View Sitemap